CONTOH NASKAH PIDATO - GURU SEJATI

Breaking

Blog untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan profesional pendidik.

BANNER 728X90

Selasa, 26 Juni 2012

CONTOH NASKAH PIDATO


CINTA LINGKUNGAN
Karya :  Sri Prajawati (Gurua Bhs Inggris SD N 1 Kalibeber)
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB
Yang terhormat bapak / ibu dewan juri yang bijaksana
Bapak / ibu guru yang saya mulyakan
Dan teman – teman semua yang saya cintai dan mencintai saya

Alhamdulilah, alhamdulihairabil ‘alamin, marilah tak henti- hentinya kita panjatkan rasa puji tasyakur kita kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita kenikmatan yang tiada tara. Yang salah satunya adalah kenikmatan kesehatan sehingga kita dipertemukan di tempat yang penuh barakah ini
Shalawat berlimpahkan salam kita haturkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammat SAW beserta keluarganya, para sahabatnya, dan umatnya
Tak lupa saya haturkan ribuan terima kasih kepada panitia yang baik hati, yang telah memberi saya waktu yang berharga ini, sehingga saya dapat berdiri di tempat yang muliya ini
Bapak / ibu guru, dewan juri dan teman – teman yang saya sayangi.
Pada kesempatan ini ijinkanlah saya menyampaikan pidato, dengan judul
“ CINTA LINGKUNGAN “
Sebagaimana kita ketahui bahwa Negara kita Indonesia merupakan Negara kepulauan yang sangat subur. Sawah yang membentang hijau, hutan alam yang lindung, dan masih banyak lagi kekayaan alam yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Bahkan, Indonesia memiliki julukan “zamrud Katulistiwa” yang artinya mutiara hijau di Katulistiwa. Namun, dewasa ini kita sering menyaksikan hutan – hutan dijadikan praktek ilegaloging. Pohon-pohon ditumbangi secara liar dan dibakar. Hal ini mengakibatkan pencemaran lingkungan, banjir dan tanah longsor . Selain itu, banjir juga diakibatkan karena kita sering membuang sampah sembarangan. Akibatnya saluran air terhambat dan mengakibatkan banjir. Sebagai contoh sungai  Ciliwung di Jakarta selalu meluap airnya pada saat musim hujan tiba, dan membawa sampah yang sangat banyak. Akibatnya, air menggenang hingga ke pemukiman penduduk.  Bahkan, di pasar Garung kita dapat melihat sampah- sampah berserakan yang mengakibatkan banjir di jalan raya pada saat turun hujan. Dan jika hal semacam ini kita biarkan, tidak menutup kemungkinan di kecamatan kita ini aka nada banjir musiman seperti di Jakarta.
Bapak / ibu guru, dewan juri dan teman – teman yang saya sayangi.
Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya banjir?
Sangat mudah,
Yang pertama
 Kita harus menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan sehat.dengan memulai dari hal terkecil yaitu membuang sampah pada tempatnya. Karena jika lingkungan tempat kita tinggal bersih, maka kitapun akan terhindar dari penyakit                     
Yang kedua
Mari kita jaga kelestarian lingkungan dengan melanjutkan progam penanaman seribu pohon yang dicanankan oleh bapak bupati kita dan telah  dimulai dari penanaman bibit pohon di sekolah kita.
Dengan demikian, selain lingkungan kita menjadi bersih dan sehat, alam sekitar kitapun akan menjadi asri dan indah yang terhindar dari banjir dan tanah longsor.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Kalaulah ada sumur di ladang bolehlah kami menumpang mandi
Kalaulah ada umur yang panjang, InsyaAllah kita jumpa lagi
Saya akhiri

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB

1 komentar:

  1. Ini sri prajawati sahabat saya bukan ya.... Sahabat saat smp.. Sahabat asal garung wonosobo...

    BalasHapus