Minggu, 10 Juni 2012

Siapakah guru Agung itu ?

Siapakah guru Agung itu ?

Seorang jurnalis barat William Athur Ward mengatakan:  
Guru yang biasa pandai berbicara, 
Guru yang bagus pandai menerangkan, 
Guru yang hebat pandai mendemonstrasiskan dan 
Guru yang agung selalu memberi inspirasi kepada para siswanya.

Keluaran pendidikan seharusnya dapat menghasilkan orang “pintar” tetapi juga orang baik “ baik “ dalam arti luas. Pendidikan tidak hanya mengahsilkan orang “pintar” tetapi “tidak baik”, sebaliknya juga pendidikan tidak hanya menghasilkan orang “baik” tetapi “tidak pintar”.
Orang yang “pintar” saja tetapi “tidak baik” akan menghasilkan orang yang  “berbahaya”  karena dengan kepandaiannya ia bisa menjadikan sesuatu penyebab kerusakan dan kehancuran. Setidak – tidaknya pendidikan masih lebih bagus menghasilkan orang “baik” walaupun tidak “pintar”. Tipe ini paling tidak akan memberikan suasana konduktif karena ia memiliki akhlak yang baik.
Saya menyadari bahwa tantangan pendidikan dewasa ini untuk menghasilkan SDM yang berkulitas dan tangguh semakin berat. Pendidikan tidak cukup hanya berhenti pada memberikan pengetahuan yang paling mutakhir namun juga harus mampu membentuk dan membangun sistem keyakinan dan karakter kuat setiap peserta didik sehingga mampu mengembangkan potensi diri dan menemukan tujuan hidupnya.
Pendidikan di sekolah tidak lagi cukup hanya dengan mengajar peserta didik, membaca, menulis, dan berhitung, kemudian lulus ujian, dan nantinya mendapatkan pekerjaan yang baik. Sekolah harus mampu mendidik peserta didik untuk mampu memutuskan apa yang benar dan salah. Sekolah juga perlu membantu orang tua untuk menemukan tujuan hidup setiap peserta didik.
Di tengah – tengah perkembangan dunia yang begitu cepat,  semakin komplek dan canggih, prisnsip – prisnsip pendidikan untuk membangun etika, nilai dan karakter peserta didik tetap harus dipegang.  Akan tetapi perlu dilakukan dengan cara berbeda atau kreatif sehingga mampu mengimbangi perubahan kehidupan.
M. Furqon Hidayatullah dalam buku “ Guru Sejati Membangun Insan Berkarkter Kuat dan Cerdas” merinci tentang guru yang baik adalah;  (1) Guru harus memiliki komitmen yang kuat.   Dalam melaksanakan pendidikan secara holistik yang berpusat pada potensi dan kebutuhan peserta didik. guru juga harus mampu menyiapkan pesertan  didik untuk bisa menangkap peluang dan kemajuan dunia dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Akan tetapi, di sisi lain pendidikan juga harus mampu membukakan mata hati peserta didik untuk mampu melihat masalah – masalah bangsa dan dunia seperti kemiskinan, kelaparan, kesenjangan, ketidak adilan, dan persoalan lingkungan hidup.
Peserta didik diarahkan harus mampu mengembangkan dirinya tetapi ia juga harus diajarkan untuk memiliki beban atau panggilan hidup untuk menjadi bagian dari pemecahan masalah yang dihadapi bangsa dan dunia. Agar guru mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tersebut, maka diperlukan sosok guru yang berkarakter kuat dan cerdas;      (2) Guru berkarakter Kuat, guru tidak hanya mampu mengajar tetapi ia juga harus mampu mendidik. Ia tidak hanya mampu mentransfer Ilmu pengetahuan tetapi ia juga mampu menanamkan nilai – nilai yang diperlukan untuk mengarungi hidupnya;   (3) Guru Cerdas yaitu guru tidak hanya memiliki kemampuan yang bersifat intelektual tetapi yang memiliki kemampuan secara emosi dan spiritual sehingga guru mampu membuka mata hati peserta didik untuk belajar, yang selanjutnya ia mampu hidup dengan baik ditengah – tengah masyarakat.
Sosok guru yang berkarakter kuat dan cerdas diharapkan mampu mengemban amanah dalam mendidik peserta didiknya. Untuk menjadi guru yang handal harus memiliki seperngkat kompetensi. Kompetensi utama yang harus melekat pada tenaga pendidik adalah nilai – nilai keamanhan, keteladan dan mampu melakukan pendekatan pedagogis serta mampu berfikir dan bertindak cerdas.
Selaras dengan uraian di atas saya menyadari bahwa guru berprestasi harus memiliki kemampuan lebih dibanding yang lain terutama dalam tugas dan tanggungjawab yang diembannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar