Minggu, 26 Agustus 2012

WAPIK ( WAHANA APLIKASI PENDIDIKAN DAN INFORMASI YANG BAIK)


== Wahana Aplikasi Pendidikan dan Informasi Yang Baik ===

Mengapa WAPIK?
Banyak inisiatif pendidikan, pengalaman praktik yang baik yang telah berhasil dilaksanakan, maupun sumber materi yang telah dikembangkan pada tingkat sekolah, gugus maupun kabupaten/kota. WAPIK dikembangkan agar praktik yang baik seperti ini dapat diidentifikasi, dipelihara, dibagi, disesuaikan dan  diarusutamakan di seluruh Indonesia.

Apakah WAPIK?
WAPIK merupakan suatu wadah multimedia interaktif berbasis internet yang memuat kumpulan praktik yang baik dalam pendidikan, dari tingkat taman kanak-kanak hingga lanjutan pertama pada tingkat kelas, sekolah, gugus dan kabupaten. WAPIK juga dimaksudkan untuk memaksimalkan penggunaan sumber, membantu proses percepatan reformasi pendidikan dan meningkatkan sistim pendidikan agar lebih efektif. Di samping itu, WAPIK mempromosikan jaringan kerja  di antara para inisiator dan pengguna praktik yang baik yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Apa tujuan utama WAPIK? 
Tujuan dari situs yang dipromotori oleh pengguna situs adalah agar terciptanya suatu komunitas praktik yang baik dalam sektor pendidikan yang dapat saling belajar dan saling mendorong dan saling memberi  inspirasi melalui berbagi pengalaman praktik yang inovatif, fleksibel, relevan, efektif dan yang dapat dikerjakan dan diadaptasi sesuai konteks setempat.

Siapa target utama  WAPIK? 
Pemangku kepentingan pada semua tingkat yang senantisaa berusaha melakukan perubahan dan inovasi dalam rangka meningkatkan akses, kualitas dan tata kelola pendidikan.

Apa yang dapat ditemui di WAPIK? 
Semua praktik yang baik dan inovasi yang dikategorikan sesuai dengan tingkat lingkupan: Ide pembelajaran untuk tingkat kelas, manajemen dan peran serta masyarakat untuk tingkat sekolah, dan tingkat kabupaten/kota yang meliputi tata kelola, manejemen dan penjaminan mutu.  Modul pelatihan untuk tingkat sekolah dan pemda serta materi referensi pembelajaran juga tersedia. Terdapat juga direktori sejumlah sekolah dan kantor dinas kabupaten yang siap berbagi pengalaman dengan pemangku kepentingan pendidikan yang ingin berkunjung atau hanya sekedar ingin mendapatkan informasi lanjut.

Apa kriteria praktik yang baik?  
Kriteria praktik yang baik memiliki tiga kriteria:
  1. memiliki dampak positif dalam rangka meningkatkan akses, kualitas, relevansi atau efisiensi pendidikan dasar;
  2. mempertimbangkan keanekaragaman di Indonesia dan kapasitas Kabupaten yang beragam;
  3. dapat terjangkau biaya pelaksanaannya dan karena itu berkelanjutan.
Apa manfaat WAPIK? Anda dapat:
  • mengakses informasi praktik yang baik dalam situs WAPIK atau situs terkait
  • mengidentifikasi praktik yang baik sesuai dengan kebutuhan
  • mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu praktik yang baik melalui moderator atau langsung ke penulis (jika terdaftar)
  • mengunjungi sekolah/kantor dinas untuk mempelajari suatu praktik yang baik
  • memperkaya situs dengan berbagi inovasi atau pengalaman praktik yang baik yang telah Anda lakukan
Siapa Pengelola WAPIK? 
WAPIK dikelola oleh sebuah tim yang terdiri dari seorang Administrator yang mengelola fasilitas teknis dan sekelompok moderator yang menetapkan standar kualitas, memverifikasi agar praktik yang telah diidentifikasi memenuhi standar dan menanggapi pertanyaan dari pengguna situs.

Bagaimana caranya menambah cerita praktik yang baik?
Ada dua cara:
  1. Langsung mengirimkan tulisan bersama foto sebagai lampiran ke kontakwapik@gmail.com
  2. Menulis pada situs dengan meng-klik pada TAMBAH. Daftarkan diri Anda menjadi anggota terlebih dahulu. Pendaftaran mudah sekali. Tulisan dapat ditulis dalam bentuk narasi atau menggunakan custom field pada tampilan, atau mengirimkan narasi dan mengisi format dalam custom field.
Bagaimana caranya menjadi anggota WAPIK?
  • Klik pada link Registrasi dan lengkapi formulir registrasi lalu klik tombol Kirim.
  • Konfirmasi tentang keanggotaan akan dikirim ke alamat email Anda
  • Periksa email Anda dan klik link yang ada pada email tersebut untuk mengaktivasi keanggotaan Anda.
Setelah mengaktivasi keanggotaan Anda, Anda bisa langsung login dan menulis artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar