MEMBUAT PROGRAM MEMBACA DI KELAS LANJUTAN - GURU SEJATI

Breaking

Blog untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan profesional pendidik.

BANNER 728X90

Minggu, 11 Februari 2018

MEMBUAT PROGRAM MEMBACA DI KELAS LANJUTAN


STRUKTUR PROGRAM MEMBACA DI KELAS

A.       Mengenalkan Apa dan Bagaimana Program Membaca kepada siswa
Nama kegiatan
Diskripsi
1.   Melibatkan siswa
a. Perkenalan dan Harapan
b. Mengenal & Merawat Buku
c. Membangun Tata Tertib
d. Memecahkan Masalah
Di kegiatan ini dikenalkan program membaca, hak dan kewajiban sekolah terhadap program ini, Surat Tanda Terima Buku (STTB), daftar inventaris buku, cara mengajak siswa merawat buku, mulai dari menyampul, membuat tata tertib terhadap buku, dan memecahkan masalah jika terjadi pelanggaranan tata tertib.
2.     Treasure Hunt
Permainan awal yang disebut dengan “ Berburu Harta Karun” Menebak judul buku dengan kata – kata yang ditulis pada kartu ide, kata berasal dari isi buku,
3.     Mengapa Membaca
Melakukan survey membaca, mengkaji mengapa minat baca penduduk Indonesia rendah, meningkatkan minat baca dengan membuat Book Talk
4.     Book Talk
Apa kata buku ?
Anak – anak diminta membaca sekilas kemudian menuliskan 1 – 2 kalimat yang menarik pada buku tersebut. Tulisan tersebut diharapkan menjadi alat untuk mempromosikan buku. Sebaiknya diletakkan ditempat yang mudah dibaca oleh siswa.
5.     Sutained Silent Reading (SSR)
Mempraktekkan Membaca Berkesinambungan dengan Hening dan menyepakati waktu pelaksanaan di sekolah

B.       Mengintegrasikan Membaca melalui Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di kelas
Kegiatan
Diskripsi
  1. Memahami Taksonomi Bloom dalam  PAKEM
·      Mengenalkan piramida pembelajaran, Guru membacakan cerita dengan cepat kemudian membrir 3 pertnyaan mudah sedang dan sulit,
·      Bermain kartu (matching game) untuk mengidentifikasi tingkatan berfikir pada taksonomi Bloom.
·      Memilih buku dan mempelajari kemudian mebuat pertanyaan, atau contoh kegiatan untuk siswa dari buku yang dipilih sesuai dengan taksonomi Bloom.
·      Mencobakan kegiatan yang sesuai dengan taksonomi Bloom dengan mempelajari buku Di Lautan untuk membuat diorama “ ekosistem Pinggir Pantai “ dan buku Rumah Hewan untuk membuat diorama ‘ Ekosistem di Pohon”
·      Setelah menyelesaikan diorama, Guru memberikan lembar Piramida Pembelajaran, bahwa kegiatan di atas akan sangat mempengaruhi daya ingat siswa, refleksikan apa yang telah Siswa lakukan dan tanyakan mencapai taksonomi Bloom atau tidak.
  1. Grab Bag
Membaca dan menulis kata kunci dari buku, kata-kata dimasukkan dalam tas yang diberi nama “ Grab Bag”. Membuat grab bag, dan menebak grab bag. ( permainan kantong misteri / ambil isi tas )
  1. Membacakan Cerita, Membuat Cerita dan Piramida Cerita
Mengajari siswa membuat buku cerita dengan kagiatan membacakan cerita di depan kelas. Siswa Membuat buku cerita sederhana. Siswa duduk dalam kelompokkan beranggota 4 – 5 siswa. Masing – masing kelompok membuat Piramida Cerita dan mebacakan/menceritakan cerita.

C.         Mengembangkan Program Membaca di Lingkungan Kelas
  1. Menciptakan Perpustakaan Kelas 
Mengatur buku – buku dikelas,
Membaca artikel pengelolaan perpustakaan kelas
  1. Menciptakan Lingkungan kelas yang Literat
Merancang kelas yang dipenuhi dengan karya siswa dalam bentuk tulisan atau gambar.

D.         Mengembangkan program membaca dengan melibatkan stakeholder sekolah
Kegiatan
Diskripsi kegiatan
  1. Keikutsertaan Orang Tua dan Strateginya
Mendiskusikan keterlibatan orang tua dalam menumbuhkan minat baca di kelas.
Mempresentasikan praktek – praktek terbaik yang bisa dilakukan orang tua dalam meningkatkan minat baca
  1. Membangun Ide dan Aktivitas Tambahan
Mengujicoba, aktifitas tambahan untuk meningkatkan mint baca di kelas dan dirumah.
Sebaiknya sekolah memberikan contoh – contoh kegiatan yang bisa digunakan oleh oran tua siswa untuk membantu budaya baca di rumah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar