Seri Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif - GURU SEJATI

Breaking

Blog untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan profesional pendidik.

BANNER 728X90

Senin, 08 Juni 2015

Seri Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif




Karakteristik Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif

  1.  Pengelolaan kelas yang bervariasi (klasikal, kelompok/berpasangan, dan individual)

  • Klasikal: di awal pembelajaran dalam apersepsi, pemberian tujuan, dan penugasan; di bagian akhir dalam  perumusan kesimpulan/rangkuman dan pemberian konfirmasi.
  • Kelompok/berpasangan: untuk kerja kooperatif (misalnya diskusi pemecahan masalah bersama, berbagi informasi, tutor sebaya)
  • Individu: dilakukan pada bagian inti berupa pemberian tugas kreatif sesuai potensi individu siswa. Pengelolaan individu juga dilakukan pada proses penilaian pencapaian kompetensi.

2.  Strategi pembelajaran yang mengaktifkan semua siswa, menumbuhkan kreativitas, merangsang untuk berpikir, berbuat, yang efektif mencapai tujuan, dan menyenangkan (tidak membuat anak stres/tertekan/takut salah).
3.  Pemberian tugas yang bermakna, yaitu:

  • memotivasi dan menantang untuk belajar,
  • memberi ruang kepada setiap siswa untuk menggali informasi dan menuangkan gagasan sebagai bentuk aktualisasi pemikiran,
  • mendorong siswa menghasilkan karya yang bervariasi (siswa berani menampilkan karyanya dalam berbagai bentuk) sesuai tujuan dan kompetensi yang ditetapkan,
  • kualitas tugas sesuai dengan bentuk pengelolaan kelas,
  • siswa difasilitasi untuk bertanggungjawab terhadap pencapaian kompetensi.
Alur pengelolaan pembelajaran yang efektif, antara lain dapat berwujud sebagai berikut: (Halaman berikutnya)



Alur Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif



Klasikal
:
  1. Apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran,  dan pemberian tugas yang bermakna
Kelompok
:
2.     Mencari, membahas, mengorganisasi informasi secara kooperatif
3.     Saling melaporkan informasi secara lisan, menerima umpan balik, menyusun tugas kelompok
Individu
:
4.     Menulis laporan/hasil karya perorangan (draf)
5.     Membahas hasil karya sendiri dengan meminta masukan teman dan memperbaikinya
Klasika
:
6.     Presentasi hasil karya siswa dan diskusi
7.     Kesimpulan, penguatan, pemberian informasi lebih lanjut oleh guru
8.     Penilaian hasil karya siswa






 




















1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus