Perkembangan Literasi Kelas Awal (Membaca dan Menulis)
Tahap
|
Membaca
|
Menulis
|
Emergent
|
- Memperhatikan
lingkungan kelas yang kaya akan bahan cetakan.
- Menunjukkan perhatian
pada buku-buku.
- Mencoba untuk membaca.
- Menggunakan media
gambar dan pola-pola yang dapat diprediksi dari buku untuk menceritakan
kembali cerita.
- Membaca ulang teks
yang familiar dengan pola-pola yang dapat diprediksi.
- Mengidentifikasi
berbagai tulisan tentang nama-nama.
- Mengenali 5-20
kata-kata yang familiar atau berfrekuensi tinggi.
|
- Membedakan tulisan dengan
gambar.
- Menulis huruf, seperti
bentuk-bentuk tulisan cakar ayam.
- Mengembangkan pemahaman
langsung.
- Menunjukkan perhatian
pada tulisan.Menulis huruf pertama
dan huruf akhir.
- Menulis 5-20 kata-kata
yang familier atau sering muncul.Menggunakan kerangka kalimat
untuk menulis kalimat.
|
Pemula
|
- Mengidentifikasi
nama-nama huruf dan bunyinya.
- Memasangkan kata-kata
yang diucapkan pada tulisan.
- Menyamakan tulisan dengan
bacaan.
- Menggunakan permulaan,
pertengahan, dan akhir dari bunyi bacaan (intonasi)
- Memadukan pengetahuan
dalam sistem bacaan yang benar.
- Mengoreksi sendiri
diantara bacaanMembaca dengan pelan
tahap demi tahap
- Membaca ulang secara oral
- Menjelaskan inti bacaan
- Menggunakan prediksi
secara beralasan.
|
- Menulis dari kiri ke
kanan.
- Dapat menulis sedikit
atau banyak tulisan.
- Menulis satu atau
lebih kalimat.
- Menambahkan judul.
- Dapat mengeja banyak
kata.
- Menulis suku kata dari
komposisi kalimat.
- embiasakan penulisan
huruf besar pada awal kalimat.Mengulang ucapan saat menulis.
-
|
Lancar
|
- Dapat mengidentifikasi
arti kata.
- Membaca dengan ekspresi.
- Membaca dengan jarak
100 kata per menit atau lebih.
- Membaca dalam hati.
- Mengidentifikasi
kata-kata yang tidak familiar (asing).
- Dapat menguatkan
efektivitas variasi dalam bacaan
- Dengan pengetahuan
tekstur dapat mendukung pemahaman.
- Menggunakan perbedaan pada saat membaca kata.
|
- Membiasakan proses
menulis sampai akhir
- Menulis komposisi
dengan lebih dari satu paragraf
- Menambahkan infleksi
pada akhir kalimat.
- Mererapkan aturan
penggunaan huruf besar
- Dapat mengeja banyak kata
- Menulis suku kata dari
komposisi kalimat
- Membiasakan penulisan
huruf besar pada awal kalimat
- Mengulang ucapan saat
menulis
|
Rekomendasi Pembelajaran Literasi Kelas Awal
Membaca
|
Menulis
|
Tahap
Emergent :
- Memanfaatkan
lingkungan yang kaya akan media cetak.
- Menggunakan visual/gambar.
- Membaca nyaring untuk siswa
(membacakan).
- Membaca cerita dari
buku besar/bergambar.
- Mendramatisasikan teks
cerita dengan menggunakan bahasa.
- Menggunakan alfabet
secara rutin dalam pembelajaran.
- Mengambil cerita anak
dengan pendekatan pengalaman berbahasa.
|
Tahap
Emergent :
- enulis menggunakan krayon
dan pensil.
- Mempelajari
teknik-teknik menulis (cara memegang pensil, jarak mata, dan posisi tubuh).
- Menulis interaktif
dalam kelompok besar dan kecil.
- Menulis nama, tanggal
setiap kegiatan pembelajaran.
- Menulis kata-kata
familiar yang ada di dalam kelas dalam bentuk daftar.
- Menjaga ingatan apa
yang ditulis untuk kemudian dapat dibaca kembali.
|
Tahap
Pemula:
- Membaca peta, cerita
bergambar, atau lagu untuk memahaminya.
- Membaca leaflet.
- Membaca ulang buku yang
sudah dibaca.
- Membawa buku untuk
dibaca bersama orang tuanya.
- Mempelajari 100
kata-kata yg sering muncul.
- Menemukan teks cerita atau
buku-buku informasi.
- Belajar memprediksi,
menghubungkan, kroscek dan strategi lainnya.
- Membelajari elemen struktur
cerita.
- Siswa memiliki tulisan
dalam membaca dan berpartisipasi dalam percakapan.
|
Tahap
Pemula:
- Menulis interaktif
dalam konteks menulis bahasa tulisan.
- Menghasilkan persiapan
harian untuk menulis berbagai variasi tujuan dan menggunakan genre yang
berbeda.
- Mengembangkan proses
menulis
- Mengembangkan gagasan
tunggal dalam karangannya.
- Menyiapkan pra-menulis
karangan.
- Menuliskan 100 kata-kata
yang sering muncul.
- Menulis singkatan.
- Menulis dengan
memperhatikan huruf besar.
|
Tahap
Lancar
- Berpartisipasi dalam
siklus sastra.
- Berpartisipasi dalam bengkel membaca.
- Mempelajari tentang
genre dan fitur teks lainnya.
- Melibatkan anak dalam
menulis dan study genre.
- Memahami teks dan membedakan
dengan teks lainnya.
- Menggunakan kecakapan
siswa dalam strategi pemahaman.
- Mengapreasiasi
buku-buku melalui diskusi dan tulisan.
|
Tahap
Lancar
- Berpartisipasi dalam bengkel menulis.
- Menggunakan proses
menulis.
- Merevisi dan mengedit
tulisan.
- Keterampilan memparagrafkan
teknik pengucapan.
- Menemukan sinonim,
homonim, akar kata, afiks, menggunakan kamus, dan ensiklopedi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar