KUMPULAN HASIL PENELUSURAN SOAL UKG 2012
Kalau minggu kemarin sedikit sekali contoh soal UKG nah sekarang di internet
sudah buanyak sekali masih. Contoh Soal UKG Online 2012 : Kompetensi Pedagogik
Guru SD, Soal Latihan UKG - Calon peserta Uji Kompetensi Guru atau UKG Online
2012 mulai mempersiapkan diri dengan membuka-buka kembali materi yang pernah
dipelajari untuk menghadapi UKG Online. Berikut contoh soal UKG Online 2012
kompetensi pedagogic guru SD ... untuk tambahan saja...
1. Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan.
2. Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan
pendekatan pola bilangan.
3. Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
4. Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai
makanan!
5. Mengapa jamur termasuk heterotrof?
6. Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara
komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan
hubungan tersebut!
7. Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem
buatan serta berikan contohnya masing-masing!
8. Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2
warna yang berbeda: (hitam dan putih)
9. Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran
yang berupa buangan air panas ke sungai?
10. Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan
buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
oh iya satu lagi... beberapa materi yang harus dipelajari
dalam UKG ini biar tidak kaget bingung adalah sebagai berikut :
a. PP No 74 tahun 2008 tentang guru
b. PP No 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan
c. Permendiknas no 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi
akademik dan kompetensi
d. Permendiknas no 41 Tahun 2007 Tentang standar proses
dikdasmen
e. Permendiknas no 20 tahun 2007 tentang standar penilaian
pendidikan
f. Permendiknas no 22 tahun 2006 tentang standar kelulusan / SKL
g. Permendiknas no 23 tahun 2006 tentang standar isi Dikdasmen
h. Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogik guru (seperti soal
diatas)
i. Panduan Pengembangan Silabus
j. PAnduan Pengembangan Rpp
- Coba anda rumuskan pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat membaca!
- Apa saja unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah makalah?
- Jelaskan norma apa saja yang harus dipatuhi di sekolah dan bagaimana jenis sanksinya?
- Kemukakan prinsip-prinsip demokrasi secara umum yang anda ketahui dan bagaimana implementasinya di Indonesia!
- Bagaimana peranan / fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup dan sebagai dasar negara?
- Bagaimana menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan / rasio?
- Gambarkan proses-proses fotosintesis pada tumbuhan!
- Sebutkan ciri-ciri kehidupan yang sejahtera dan harmonis?
1. Soal-soal
ringkas ini saya prediksikan akan keluar dalam Uji Kompetensi Awal (UKA) Guru,
bagi temen-temen guru yang akan mengikuti UKA, selamat berlatih semoga sukses
dalam ujian:
·
Guru Merupakan suatu profesi artinya ………..
·
Sebutkan Persyaratan suatu profesi!
·
Komptensi ialah ……………..
·
Kompetensi Profesional ialah ……………
·
Kompetensi Kepribadian ialah …………….
·
Kompetensi Paedagogik ...............
·
Kompetensi Sosial .................
2.
Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan
menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih)
3.
Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan
garis Bilangan
4.
Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan
menggunakan pendekatan pola bilangan
5.
Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan
garis Bilangan
6.
Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5
rantai makanan!
7.
Mengapa jamur termacsuk heterotrof?
8.
Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal
balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang
menunjukkan hubungan tersebut!
9.
Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan
ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
10.
Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada
pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
11.
Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan
sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan
ikut tercemar!
12.
Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!
13.
Mengapa karbon monoksida atau CO sangat
berbahaya kalau terhirup manusia?
14.
Secara historis epistemologis terdapat kesilatan
untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
15.
Coba anda jelaskan tentang pertama kali
munculnya istilah IPS ?
16.
Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang
tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di
Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
17.
Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar
dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
18.
Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak
positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut
kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
19.
Jelaskan pengertian pendekatan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia !
20.
Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan
struktural!
21.
Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan
proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
22.
Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole
language?
23.
Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam
kelas Whole language?
UJI KOMPETENSI GURU
JENJANG/TINGKAT : SEKOLAH DASAR ( SD )
JENJANG/TINGKAT : SEKOLAH DASAR ( SD )
Petunjuk :
1. Klik pada radio button di samping jawaban di setiap nomor soal.
2. Di akhir soal klik "Lihat Hasil" atau "Reset".
1. Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
3. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
5. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
6. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
7. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
8. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
9. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial
1. Klik pada radio button di samping jawaban di setiap nomor soal.
2. Di akhir soal klik "Lihat Hasil" atau "Reset".
1. Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
3. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
5. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
6. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
7. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
8. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
9. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial
Terima kasih buat Artikel tentang Uji Kompetensi Guru / Pendidik yang cukup lengkap ini. Salam kenal dari admin Reportase Guru buat semua pengunjung laman ini.
BalasHapusReportase Guru Berbagi kabar tentang Dunia Guru, lowongan kerja, tunjangan, pendidikan, Info sekolah, Honorer, Beasiswa serta masih banyak lagi informasi terkini seperti:
Cara Cek Status Inpassing Guru
Panduan Juknis Penulisan Ijazah Lengkap
Faktor Penyebab Gagal Seleksi Tes CPNS
Video Panduan Upload Data Siswa
Cara Kemendikbud Atasi Bencana Kabut Asap
Himbauan Kemendikbud Jelang Pelaksanaan UKG Online
Kemenag Dituduh Asal-asalan Urus Pendidikan Islam Madrasah
Info Sekolah dan Dunia Islam Terkini