Sabtu, 04 Agustus 2012


RINGKASAN MATERI DAN SOAL UKG SD TAHUN 2012

1.    Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.

a.    Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana siswa belajar bahasa Indonesia
·         Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD
·         Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.
·         Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD.
b.    Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
·         Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan kegemaran menulis siswa.
·         Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa.
·         Memperjelas perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

c.    Menampilkan keterampilam berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis)
·         Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca,
·         Menemukan isi atau pesan pokok wacana dari sebuah pengumuman
·         Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) menulis.
·         Menemukan isi atau pesan pokok wacana dari sebuah berita
·         Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi.
·         Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).
·         Membandingkan berbagai wacana Bahasa Indonesia (argumentasi dan eksposisi)
·         Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan surat.
·         Mendiskripsikan unsur-unsur makalah

d.    Mengkreasikan apresiasi sastra Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia
·         Menganalisis unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sasrtra puisi.
·         Menganalisis unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra prosa.
·         Menyusun langkah-langkah membuat parafrase puisi ke prosa.
·         Menilai prosa
·         Mengapresiasi drama.

2.    Memiliki kompetensi pedagogik pembelajaran PKn
a.    Penilaian proses belajar PKn.
·         Merumuskan proses belajar PKn tentang konsep kejujuran
·         Membuat tes proses pembelajaran tentang sikap nasionalisme
·         Merancang inditator dan instrumen penilaian pembelajaran PKn SD
b.    Menilai berbagai norma dalam kehidupan. 
·         Membuat contoh sangsi pelanggaran norma yang berlaku di sekolah
c.    Merumuskan prinsip-prinsip demokrasi dan praktik demokrasi di Indonesia.
·         Merumuskan prinsip-prinsip demokrasi.
·         Menganalisis praktik demokrasi di Indonesia dalam pengambilan keputan
·         Mengkategorikan Peraturan perundang- undangan di tingkat pusat.
·         Mengkategorikan Peraturan perundang- undangan di tingkat daerah.
·         Mengidentifikasi peraturan perundang- undangan di tingkat daerah yang bersumber dari peraturan perundang- undangan di tingkat pusat.
d.     Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
·         Mengemukakan sejarah terbentuknya Pancasila sebagai pandangan hidup.
·         Mengemukakan sejarah terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara..
·         Menyimpulkan nilai-nilai Pancasila,sebagai idiologi negara.
e.    Merumuskan nilai-nilai nasionalisme. 
·         Menganalisis pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
·         Mengidentifikasi batas-batas kepulauan yang rawan dicaplok oleh negara tetangga dan cara menanggulanginya.
·         Menelaah bentuk-bentuk manifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.
f.     Membagankan sistem pemerintahan kabupaten, kota, provinsi, dan pusat.
·         Membuat bagan hubungan antara lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat pusat.
·         Membuat bagan hubungan antara lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat daerah.
·         Menelaah sistem pemilu yang ada di Indonesia.
·         Menelaah sistem pilkada yang ada di Indonesia.
g.    Merumuskan prinsip dan praktik politik luar negeri Indonesia.
·         Menelaah prinsip politik luar negeri dan dalam negeri ASEAN.
3.    Menguasai kompetensi pedagogik pembelajaran matematika SD/MI
a.    Menguasai prinsip, teori dan strategi pembelajaran serta teknik asesmen yang tepat pada pembelajaran matematika
·         Merancang aktivitas pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
·         Merancang pembelajaran matematika yang menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit, simbolik, dan abstrak agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan matematika.
·         Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
·         Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan pecahan
·         Mengombinasikan beragam strategi pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan pembelajaran.
·         Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran geometri dan pengukuran

4.    Menguasai konsep dan metode keilmuan matematika yang mendukung pembelajaran matematika SD/MI.
a.    Menguasai konsep bilangan, operasi, algoritma, dan sifat-sifat bilangan bulat
·         Menganalisis dan menerapkan urutan operasi pada bilangan bulat
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat distribusi bilangan bulat
b.    Menguasai konsep bilangan, operasi, algoritma, dan sifat-sifat bilangan pecahan
·         Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat urutan bilangan pecahan
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan/rasio
c.    Menguasai konsep relasi, fungsi dan penalaran dalam matematika
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
·         Menyelesaikan masalah dengan menggunakan persamaan yang memuat variabel.
d.    Menguasi konsep dan prinsip dalam geometri dan pengukuran
·         Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat segiempat
·         Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat kesejajaran garis-garis
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
e.    Menguasai konsep probabilitas dan statistika serta aplikasinya
·         Menyajikan data dalam bentuk diagram
·         Memecahkan masalah berkaiatan dengan rara-rata

5.    Menguasai struktur, konsep, metode keilmuan IPA SD / MI
a.    Merancang pembelajaran IPA sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi
·         Merumuskan tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar
·         Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA
·         Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah
·         Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan sikap ilmiah)
b.    Menafsirkan struktur, fungsi dan sistem pengangkutan pada tumbuhan
·         Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
·         Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan
·         Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
c.    Menafsirkan organ, fungsi, dan sistem pada sistem tubuh hewan dan manusia
·         Menganalisis fungsi kelenjar-kelenjar yang berhubungan dengan system pencernaan makanan pada manusia
·         Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
·         Mengidendifikasi perbedaan otot dan rangka sebagai system gerak pada manusia.
d.    Membandingkan besaran dan dan satuan
·         Memilih alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur
e.    Mengkategorikan materi dan perubahannya
·         Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
f.     Memecahkan permasalahan energi dan perubahannya
·         Menganalisis sifat-sifat cahaya
·         Menyelidiki konsep kelistrikan dan dan kemagnetan
·         Menganalisis kebutuhan energy dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menganalisis jenis-jenis gaya dalam kehidupan seharihari
·         Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
·         Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
g.    Menganalisis fenomena-fenomena bumi dan alam semesta
·         Mengelompokkan planet-planet dalam tata surya
·         Menganalisis proses terjadinya tata surya
6.    Menguasai kompetensi profesional pembelajar IPS
a.    Menguasai lingkup dan struktur IPS
·         Membandingkan antara fakta dan konsep dalam IPS
·         Menyususn generalisasi dalam IPS
b.    Menguasai sejarah kenampakan bentang alam, gejala alam, dan pemanfaatan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kehidupan
·         Menganalisis sejarah kenampakan alam.
·         Menganalisis hubungsn antara sejarah kenampakan alam, serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya di Indonesia.
·         Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebinekaan
·         Merumuskan penyebab terjadinya gejala-gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana alam Mengaitkan penyebab terjadinya gejala-gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana alam serta usaha-usaha untuk menghadapinya
·         Memerinci ciri-ciri kehidupan yang sejahtera dan harmonis
c.    Menganalisis proses globalisasi dan kerja sama ekonomi luar Indonesia
·         Menganalisis peran bangsa Indonesia pada era global Menganalisis proses globalisasi
·         Menentukan peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi internasional
d.    Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dan peran uang dalam perekonomian
·         Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dalam masyarakat
·         Menentukan peran uang dalam perekonomian

7.    Memiliki kompetensi paedagogik pembelajaran IPS
a.    Mengembangkan kurikulum mata pelajaran IPS 
·         Menyesuaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS
b.    Menyelenggarakan pembelajaran IPS yang mendidik
·         Merencanakan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS
c.    Menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar IPS
·         Menyusun evaluasi berdasar indikator pada pembelajaran IPS di SD
·         Memilih prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS
·         Mengidentifikasi aspek proses dan hasil belajar IPS yang penting untuk dinilai.


CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI  PEDAGOGIK GURU SD
1.       Pernyataan di bawah ini yang merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD dari aspek sosial yaitu ....
a.    mulai menyukai  teman  sebaya  sesama jenis
b.    berperan serta dalam permainan logika
c.    menyukai  teman sebaya  lawan jenis
d.    dapat  bekerja  dalam durasi waktu yang lama

2.       Anak usia SD  sering  disebut  “usia berkelompok”. Hal tersebut menunjukkan  karakteristik perkembangan anak aspek ….
a.      intelektual
b.      emosional
c.      sosial
d.      moral
3.       Pernyataan di bawah ini merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SDditinjau dari aspek fisik, kecuali  ....
a.      menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.      memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.      penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.      memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat

4.       Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan ….
a.      penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang  dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
b.      berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
c.      mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang 
d.      memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain

5.       Pernyataan di bawah ini merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD aspek emosional, kecuali  ....
a.      kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
b.      mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
c.      menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
d.      memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis

6.       Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.      trial and error
b.      pendidikan langsung,
c.      identifikasi
d.      observasi

7.       Mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia SD yang dapat teridentifikasi  dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap  ….
a.      masalah sosial
b.      tubuh manusia
c.      kesehatan manusia
d.      bidang olahraga

8.       Dalam pembelajaran PKn, guru kelas SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: “Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat”, kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a.      mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.      mengenal lingkungan rumah dan sekolah
c.      melaksanakan hidup rukun di masyarakat 
d.      mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
9.       Dalam pembelajaraan Matematika, ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru  telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a.      kesehatan
b.      status
c.      penampilan
d.      pekerjaan

10.   Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, saat ada siswa yang sangat ingin memerankan  tokoh  dongeng  yang disukainya berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a.      penampilan
b.      pekerjaan
c.      sekolah
d.      status

11.   Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a.      kesehatan
b.      seks
c.      penampilan
d.      pekerjaan

12.   Mata pelajaran IPS  ‘minat siswa terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.      nama-nama keluarga
b.      penampilan diri
c.      ikatan kekerabatan
d.      jenis pekerjaan orang tua 

13.   Sebelum mempelajari :’Perkalian bilangan’,   kemampuan prasyarat  yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.      membagi
b.      menjumlah
c.      mengurang
d.      menghitung

14.   Untuk kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan prasyarat  yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.      membuat karangan deskriptif
b.      melengkapi kalimat belum selesai   
c.      menyusun kalimat sederhana
d.      membaca kalimat  sederhana

15.   Kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
a.      mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
b.      mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c.      mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d.      mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika

16.   Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali  ….
a.      artikulasi
b.      suara
c.      kosakata
d.      kelancaran

17.   Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia SD, kecuali ….
a.      performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
b.      adanya gangguan hubungan keruangan
c.      kesulitan dalam bahasa dan membaca
d.      gangguan mengenal dan memahami simbol

18.   Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah …. 
a.      merumuskan alternatif pemecahan masalah
b.      menangkap makna secara penuh 
c.      mengingat kembali kata-kata 
d.      membandingkan informasi yang diterima

19.   Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan pembelajaran, yang disusun untuk....
a.        mencapai tujuan pembelajaran
b.        memudahkan guru mengajar
c.        memberi pedoman keterlibatan siswa
d.        memperjelas materi pembelajaran

20.   Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain, seperti ....
a.        demosntrasi
b.        simulasi
c.        diskusi atau curah gagasan
d.        penelusuran informasi

21.   Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh
a.        informasi dan ide tertentu
b.        keterampilan
c.        nilai dan cara berfikir
d.        jawaban a, b, dan c benar

22.   Strategi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah....
a.      strategi pengelolaan informasi
b.      strategi personal
c.      strategi sosial
d.      strategi sistem perilaku

23.   Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan strategi ...
a.        pengelolaan informasi
b.        personal
c.        sosial
d.        sistem perilaku

24.   Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama, contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ....
a.        bukan contoh
b.        definisi
c.        nilai dari cir-ciri
d.        unsur dari ciri-ciri

25.   Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran....
a.        induktif
b.        deduktif
c.        konstruktivistik
d.        klarifikasi nilai

26.   Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran....
a.        pengungkapan perasaan
b.        analogi
c.        pilihan rasional
d.        analisis rasional

27.   Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran....
a.        pembelantukan kepedulian
b.        analogi
c.        pilihan rasional
d.        pengungkapan perasaan

28.   Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model....
a.        pembelantukan kepedulian
b.        aksi sosial
c.        pilihan rasional
d.        pengungkapan perasaan
Top of Form
29.   Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . . 
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
30.   Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . . 
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
31.   Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . . 
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
32.   Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
33.   Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . . 
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
34.   Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . . 
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
35.   Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . . 
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
36.   Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . . 
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
37.   Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . . 
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
38.    Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . . 
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial