RINGKASAN MATERI DAN SOAL UKG SD TAHUN 2012
1. Menguasai substansi dan
metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa
Indonesia SD/MI.
a. Memilih, menata, dan merepresentasi
materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana siswa
belajar bahasa Indonesia
·
Menganalisis
karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD
·
Memilih
materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.
·
Memilih
materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD.
b. Merencanakan, melaksanakan,
mengorganisasi, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
·
Memilih
berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan
kemampuan dan kegemaran menulis siswa.
·
Merancang
berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis
dan berpikir siswa.
·
Memperjelas
perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia.
c. Menampilkan keterampilam berbahasa
(mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis)
·
Merumuskan
hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca,
·
Menemukan
isi atau pesan pokok wacana dari sebuah pengumuman
·
Merumuskan
hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) menulis.
·
Menemukan
isi atau pesan pokok wacana dari sebuah berita
·
Menemukan
isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi.
·
Membandingkan
berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).
·
Membandingkan
berbagai wacana Bahasa Indonesia (argumentasi dan eksposisi)
·
Menyusun
berbagai bentuk/jenis tulisan surat.
·
Mendiskripsikan
unsur-unsur makalah
d. Mengkreasikan apresiasi sastra
Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia
·
Menganalisis
unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sasrtra puisi.
·
Menganalisis
unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra prosa.
·
Menyusun
langkah-langkah membuat parafrase puisi ke prosa.
·
Menilai
prosa
·
Mengapresiasi
drama.
2. Memiliki kompetensi
pedagogik pembelajaran PKn
a. Penilaian proses belajar PKn.
·
Merumuskan
proses belajar PKn tentang konsep kejujuran
·
Membuat
tes proses pembelajaran tentang sikap nasionalisme
·
Merancang
inditator dan instrumen penilaian pembelajaran PKn SD
b. Menilai berbagai norma dalam
kehidupan.
·
Membuat
contoh sangsi pelanggaran norma yang berlaku di sekolah
c. Merumuskan prinsip-prinsip demokrasi
dan praktik demokrasi di Indonesia.
·
Merumuskan
prinsip-prinsip demokrasi.
·
Menganalisis
praktik demokrasi di Indonesia dalam pengambilan keputan
·
Mengkategorikan
Peraturan perundang- undangan di tingkat pusat.
·
Mengkategorikan
Peraturan perundang- undangan di tingkat daerah.
·
Mengidentifikasi
peraturan perundang- undangan di tingkat daerah yang bersumber dari peraturan
perundang- undangan di tingkat pusat.
d. Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
·
Mengemukakan
sejarah terbentuknya Pancasila sebagai pandangan hidup.
·
Mengemukakan
sejarah terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara..
·
Menyimpulkan
nilai-nilai Pancasila,sebagai idiologi negara.
e. Merumuskan nilai-nilai nasionalisme.
·
Menganalisis
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
·
Mengidentifikasi
batas-batas kepulauan yang rawan dicaplok oleh negara tetangga dan cara
menanggulanginya.
·
Menelaah
bentuk-bentuk manifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.
f. Membagankan sistem pemerintahan kabupaten,
kota, provinsi, dan pusat.
·
Membuat
bagan hubungan antara lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat pusat.
·
Membuat
bagan hubungan antara lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat daerah.
·
Menelaah
sistem pemilu yang ada di Indonesia.
·
Menelaah
sistem pilkada yang ada di Indonesia.
g. Merumuskan prinsip dan praktik politik
luar negeri Indonesia.
·
Menelaah
prinsip politik luar negeri dan dalam negeri ASEAN.
3. Menguasai kompetensi
pedagogik pembelajaran matematika SD/MI
a. Menguasai prinsip, teori dan strategi
pembelajaran serta teknik asesmen yang tepat pada pembelajaran matematika
·
Merancang
aktivitas pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
·
Merancang
pembelajaran matematika yang menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit,
simbolik, dan abstrak agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan matematika.
·
Memilih
media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
·
Memilih
media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan pecahan
·
Mengombinasikan
beragam strategi pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan pembelajaran.
·
Memilih
media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran geometri dan pengukuran
4. Menguasai konsep dan
metode keilmuan matematika yang mendukung pembelajaran matematika SD/MI.
a. Menguasai konsep bilangan, operasi,
algoritma, dan sifat-sifat bilangan bulat
·
Menganalisis
dan menerapkan urutan operasi pada bilangan bulat
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat distribusi bilangan bulat
b. Menguasai konsep bilangan, operasi,
algoritma, dan sifat-sifat bilangan pecahan
·
Menganalisis
dan menerapkan sifat-sifat urutan bilangan pecahan
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan/rasio
c. Menguasai konsep relasi, fungsi dan
penalaran dalam matematika
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
·
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan persamaan yang memuat variabel.
d. Menguasi konsep dan prinsip dalam
geometri dan pengukuran
·
Menganalisis
dan menerapkan sifat-sifat segiempat
·
Menganalisis
dan menerapkan sifat-sifat kesejajaran garis-garis
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
e. Menguasai konsep probabilitas dan
statistika serta aplikasinya
·
Menyajikan
data dalam bentuk diagram
·
Memecahkan
masalah berkaiatan dengan rara-rata
5. Menguasai struktur,
konsep, metode keilmuan IPA SD / MI
a. Merancang pembelajaran IPA sesuai
dengan karakteristik peserta didik dan materi
·
Merumuskan
tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas
sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar
·
Merancang
kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat
mengkonstruksi pengetahuan IPA
·
Mengkombinasikan
beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai
tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah
·
Menggabungkan
beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses,
dan sikap ilmiah)
b. Menafsirkan struktur, fungsi dan sistem
pengangkutan pada tumbuhan
·
Menganalisis
proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
·
Menyimpulkan
macam-macam pengangkutan pada tumbuhan
·
Menggambarkan
hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
c. Menafsirkan organ, fungsi, dan sistem
pada sistem tubuh hewan dan manusia
·
Menganalisis
fungsi kelenjar-kelenjar yang berhubungan dengan system pencernaan makanan pada
manusia
·
Menganalisis
kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
·
Mengidendifikasi
perbedaan otot dan rangka sebagai system gerak pada manusia.
d. Membandingkan besaran dan dan satuan
·
Memilih
alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur
e. Mengkategorikan materi dan
perubahannya
·
Mengkategorikan
penyebab perubahan sifat benda.
f. Memecahkan permasalahan energi dan
perubahannya
·
Menganalisis
sifat-sifat cahaya
·
Menyelidiki
konsep kelistrikan dan dan kemagnetan
·
Menganalisis
kebutuhan energy dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menganalisis
jenis-jenis gaya dalam kehidupan seharihari
·
Memprediksi
peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis
peran kalor dalam mengubah suhu benda.
g. Menganalisis fenomena-fenomena bumi
dan alam semesta
·
Mengelompokkan
planet-planet dalam tata surya
·
Menganalisis
proses terjadinya tata surya
6. Menguasai kompetensi
profesional pembelajar IPS
a. Menguasai lingkup dan struktur IPS
·
Membandingkan
antara fakta dan konsep dalam IPS
·
Menyususn
generalisasi dalam IPS
b. Menguasai sejarah kenampakan bentang
alam, gejala alam, dan pemanfaatan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera
dan harmonis dalam kehidupan
·
Menganalisis
sejarah kenampakan alam.
·
Menganalisis
hubungsn antara sejarah kenampakan alam, serta hubungannya dengan keragaman
sosial budaya di Indonesia.
·
Merumuskan
pemanfaatan dan pemeliharaan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Merumuskan
pemanfaatan dan pemeliharaan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan
harmonis dalam kebinekaan
·
Merumuskan
penyebab terjadinya gejala-gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana alam
Mengaitkan penyebab terjadinya gejala-gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana
alam serta usaha-usaha untuk menghadapinya
·
Memerinci
ciri-ciri kehidupan yang sejahtera dan harmonis
c. Menganalisis proses globalisasi dan kerja
sama ekonomi luar Indonesia
·
Menganalisis
peran bangsa Indonesia pada era global Menganalisis proses globalisasi
·
Menentukan
peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi internasional
d. Menganalisis berbagai aktivitas
ekonomi dan peran uang dalam perekonomian
·
Menganalisis
berbagai aktivitas ekonomi dalam masyarakat
·
Menentukan
peran uang dalam perekonomian
7. Memiliki kompetensi
paedagogik pembelajaran IPS
a. Mengembangkan kurikulum mata pelajaran
IPS
·
Menyesuaikan
materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS
b. Menyelenggarakan pembelajaran IPS yang
mendidik
·
Merencanakan
media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan
pembelajaran IPS
c. Menyelenggarakan penilaian proses dan
hasil belajar IPS
·
Menyusun
evaluasi berdasar indikator pada pembelajaran IPS di SD
·
Memilih
prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS
·
Mengidentifikasi
aspek proses dan hasil belajar IPS yang penting untuk dinilai.
CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD
1.
Pernyataan di bawah ini yang
merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD dari aspek
sosial yaitu ....
a.
mulai
menyukai teman sebaya sesama jenis
b.
berperan serta dalam permainan logika
c.
menyukai teman sebaya lawan
jenis
d.
dapat bekerja dalam durasi waktu
yang lama
2.
Anak usia
SD sering disebut “usia berkelompok”. Hal
tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak aspek ….
a.
intelektual
b.
emosional
c.
sosial
d.
moral
3.
Pernyataan di bawah ini
merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SDditinjau dari
aspek fisik, kecuali ....
a.
menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat
badan
b.
memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.
penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.
memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
4.
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik
perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan ….
a.
penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat
diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan
untuk mengambil keputusan
b.
berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru
dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan
c.
mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka
penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun
masa yang akan datang
d.
memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan
orang lain
5.
Pernyataan di bawah ini
merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD aspek
emosional, kecuali ....
a.
kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan
bertahan sampai akhir
b.
mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih
dewasa
c.
menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di
sekolah
d.
memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon
praktis
6.
Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep
moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak.
Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara
berikut, kecuali ….
a.
trial and error
b.
pendidikan langsung,
c.
identifikasi
d.
observasi
7.
Mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia SD
yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat
terhadap ….
a.
masalah sosial
b.
tubuh manusia
c.
kesehatan manusia
d.
bidang olahraga
8.
Dalam pembelajaran PKn, guru kelas SD mengajarkan
tentang kompetensi dasar: “Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat”,
kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a.
mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.
mengenal lingkungan rumah dan sekolah
c.
melaksanakan hidup rukun di masyarakat
d.
mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
9.
Dalam pembelajaraan Matematika, ketika guru mengaitkan
materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah
berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat
siswa terhadap ….
a.
kesehatan
b.
status
c.
penampilan
d.
pekerjaan
10.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, saat ada siswa
yang sangat ingin
memerankan tokoh dongeng yang disukainya
berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian
guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a.
penampilan
b.
pekerjaan
c.
sekolah
d.
status
11.
Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar:
‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat
mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang
apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat
dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a.
kesehatan
b.
seks
c.
penampilan
d.
pekerjaan
12.
Mata pelajaran IPS ‘minat siswa terhadap
lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.
nama-nama keluarga
b.
penampilan diri
c.
ikatan kekerabatan
d.
jenis pekerjaan orang tua
13.
Sebelum mempelajari :’Perkalian
bilangan’, kemampuan prasyarat yang harus dimiliki
siswa adalah kemampuan ….
a.
membagi
b.
menjumlah
c.
mengurang
d.
menghitung
14.
Untuk kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda
di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.
membuat karangan deskriptif
b.
melengkapi kalimat belum selesai
c.
menyusun kalimat sederhana
d.
membaca kalimat sederhana
15.
Kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum
mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala alam yang terjadi negara
tetangga’, adalah ….
a.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia
b.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Eropa
c.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Asia
d.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Afrika
16.
Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada
siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara,
kecuali ….
a.
artikulasi
b.
suara
c.
kosakata
d.
kelancaran
17.
Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar
Matematika yang sering dialami siswa usia SD, kecuali ….
a.
performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
b.
adanya gangguan hubungan keruangan
c.
kesulitan dalam bahasa dan membaca
d.
gangguan mengenal dan memahami simbol
18.
Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang
termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a.
merumuskan alternatif pemecahan masalah
b.
menangkap makna secara penuh
c.
mengingat kembali kata-kata
d.
membandingkan informasi yang diterima
19.
Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan
pembelajaran, yang disusun untuk....
a.
mencapai tujuan pembelajaran
b.
memudahkan guru mengajar
c.
memberi pedoman keterlibatan siswa
d.
memperjelas materi pembelajaran
20.
Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat
dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain,
seperti ....
a.
demosntrasi
b.
simulasi
c.
diskusi atau curah gagasan
d.
penelusuran informasi
21.
Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya
pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh
a.
informasi dan ide tertentu
b.
keterampilan
c.
nilai dan cara berfikir
d.
jawaban a, b, dan c benar
22.
Strategi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan
pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan
cara menggali dan mengorganisasikan data adalah....
a.
strategi pengelolaan informasi
b.
strategi personal
c.
strategi sosial
d.
strategi sistem perilaku
23.
Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan
melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan
penggunaan strategi ...
a.
pengelolaan informasi
b.
personal
c.
sosial
d.
sistem perilaku
24.
Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama,
contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta
....
a.
bukan contoh
b.
definisi
c.
nilai dari cir-ciri
d.
unsur dari ciri-ciri
25.
Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang
khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model
pembelajaran....
a.
induktif
b.
deduktif
c.
konstruktivistik
d.
klarifikasi nilai
26.
Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang
menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model
pembelajaran....
a.
pengungkapan perasaan
b.
analogi
c.
pilihan rasional
d.
analisis rasional
27.
Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara
mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan
yang mendasari model pembelajaran....
a.
pembelantukan kepedulian
b.
analogi
c.
pilihan rasional
d.
pengungkapan perasaan
28.
Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan
mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan
langkah pembelajaran dengan model....
a.
pembelantukan kepedulian
b.
aksi sosial
c.
pilihan rasional
d.
pengungkapan perasaan
29. Ciri utama
dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan
mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun
2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
30. Inovasi merupakan
suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya,
disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan
tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
31. Salah
satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai
komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan
tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
32. Adalah
proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai
suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
33. Adanya
saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . .
.
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
34. Proses
komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan
pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang
sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
35. Tahap
pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
36. Mencari
penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
37. Suatu
sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan
suatu inovasi merupakan . . . .
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
38. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan
antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . .
.
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial
trima kasih pak jita...ini sangat bermanfaat bagi rekan2 yg masih buta akan prediksi soal2 yg akan keluar di UKG...
BalasHapus