STRUKTUR PROGRAM
MEMBACA DI KELAS
A.
Mengenalkan
Apa dan Bagaimana Program Membaca kepada siswa
Nama
kegiatan
|
Diskripsi
|
1.
Melibatkan siswa
a. Perkenalan
dan Harapan
b. Mengenal
& Merawat Buku
c. Membangun
Tata Tertib
d. Memecahkan
Masalah
|
Di
kegiatan ini dikenalkan program membaca, hak dan kewajiban sekolah terhadap
program ini, Surat Tanda Terima Buku (STTB), daftar inventaris buku, cara
mengajak siswa merawat buku, mulai dari menyampul, membuat tata tertib
terhadap buku, dan memecahkan masalah jika terjadi pelanggaranan tata tertib.
|
2.
Treasure Hunt
|
Permainan
awal yang disebut dengan “ Berburu Harta Karun” Menebak judul buku dengan
kata – kata yang ditulis pada kartu ide, kata berasal dari isi buku,
|
3.
Mengapa Membaca
|
Melakukan
survey membaca, mengkaji mengapa minat baca penduduk Indonesia rendah,
meningkatkan minat baca dengan membuat Book Talk
|
4.
Book Talk
|
Apa
kata buku ?
Anak
– anak diminta membaca sekilas kemudian menuliskan 1 – 2 kalimat yang menarik
pada buku tersebut. Tulisan tersebut diharapkan menjadi alat untuk
mempromosikan buku. Sebaiknya diletakkan ditempat yang mudah dibaca oleh
siswa.
|
5.
Sutained Silent
Reading (SSR)
|
Mempraktekkan
Membaca Berkesinambungan dengan Hening dan menyepakati waktu pelaksanaan di
sekolah
|
B.
Mengintegrasikan
Membaca melalui Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di
kelas
Kegiatan
|
Diskripsi
|
|
·
Mengenalkan
piramida pembelajaran, Guru membacakan cerita dengan cepat kemudian membrir 3
pertnyaan mudah sedang dan sulit,
·
Bermain kartu
(matching game) untuk mengidentifikasi tingkatan berfikir pada taksonomi
Bloom.
·
Memilih buku dan
mempelajari kemudian mebuat pertanyaan, atau contoh kegiatan untuk siswa dari
buku yang dipilih sesuai dengan taksonomi Bloom.
·
Mencobakan kegiatan
yang sesuai dengan taksonomi Bloom dengan mempelajari buku Di Lautan untuk
membuat diorama “ ekosistem Pinggir Pantai “ dan buku Rumah Hewan untuk
membuat diorama ‘ Ekosistem di Pohon”
·
Setelah
menyelesaikan diorama, Guru memberikan lembar Piramida Pembelajaran, bahwa
kegiatan di atas akan sangat mempengaruhi daya ingat siswa, refleksikan apa
yang telah Siswa lakukan dan tanyakan mencapai taksonomi Bloom atau tidak.
|
|
Membaca
dan menulis kata kunci dari buku, kata-kata dimasukkan dalam tas yang diberi
nama “ Grab Bag”. Membuat grab bag, dan menebak grab bag. ( permainan kantong
misteri / ambil isi tas )
|
|
Mengajari siswa membuat buku cerita dengan kagiatan
membacakan cerita di depan kelas. Siswa Membuat buku cerita sederhana. Siswa
duduk dalam kelompokkan beranggota 4 – 5 siswa. Masing – masing kelompok membuat
Piramida Cerita dan mebacakan/menceritakan cerita.
|
C.
Mengembangkan
Program Membaca di Lingkungan Kelas
|
Mengatur buku – buku dikelas,
Membaca artikel pengelolaan perpustakaan kelas
|
|
Merancang kelas yang dipenuhi dengan karya siswa
dalam bentuk tulisan atau gambar.
|
D.
Mengembangkan
program membaca dengan melibatkan stakeholder sekolah
Kegiatan
|
Diskripsi kegiatan
|
|
Mendiskusikan keterlibatan
orang tua dalam menumbuhkan minat baca di kelas.
Mempresentasikan
praktek – praktek terbaik yang bisa dilakukan orang tua dalam meningkatkan
minat baca
|
|
Mengujicoba,
aktifitas tambahan untuk meningkatkan mint baca di kelas dan dirumah.
Sebaiknya sekolah
memberikan contoh – contoh kegiatan yang bisa digunakan oleh oran tua siswa
untuk membantu budaya baca di rumah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar