Sabtu, 04 Agustus 2012

KUMPULAN SOAL - SOAL UKG 2012

KUMPULAN HASIL PENELUSURAN SOAL UKG 2012


Kalau minggu kemarin sedikit sekali contoh soal UKG nah sekarang di internet sudah buanyak sekali masih. Contoh Soal UKG Online 2012 : Kompetensi Pedagogik Guru SD, Soal Latihan UKG - Calon peserta Uji Kompetensi Guru atau UKG Online 2012 mulai mempersiapkan diri dengan membuka-buka kembali materi yang pernah dipelajari untuk menghadapi UKG Online. Berikut contoh soal UKG Online 2012 kompetensi pedagogic guru SD ... untuk tambahan saja...

1.    Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan.
2.    Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan.
3.    Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
4.    Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
5.    Mengapa jamur termasuk heterotrof?
6.    Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
7.    Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
8.    Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih)
9.    Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
10. Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
oh iya satu lagi... beberapa materi yang harus dipelajari dalam UKG ini biar tidak kaget bingung adalah sebagai berikut :
a.    PP No 74 tahun 2008 tentang guru
b.    PP No 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan
c.    Permendiknas no 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi
d.    Permendiknas no 41 Tahun 2007 Tentang standar proses dikdasmen
e.    Permendiknas no 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan
f.     Permendiknas no 22 tahun 2006 tentang standar kelulusan / SKL
g.    Permendiknas no 23 tahun 2006 tentang standar isi Dikdasmen
h.    Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogik guru (seperti soal diatas)
i.      Panduan Pengembangan Silabus
j.     PAnduan Pengembangan Rpp

  • Coba anda rumuskan pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat membaca!
  • Apa saja unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah makalah?
  • Jelaskan norma apa saja yang harus dipatuhi di sekolah dan bagaimana jenis sanksinya?
  • Kemukakan prinsip-prinsip demokrasi secara umum yang anda ketahui dan bagaimana implementasinya di Indonesia!
  • Bagaimana peranan / fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup dan sebagai dasar negara?
  • Bagaimana menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan / rasio?
  • Gambarkan proses-proses fotosintesis pada tumbuhan!
  • Sebutkan ciri-ciri kehidupan yang sejahtera dan harmonis?
1.       Soal-soal ringkas ini saya prediksikan akan keluar dalam Uji Kompetensi Awal (UKA) Guru, bagi temen-temen guru yang akan mengikuti UKA, selamat berlatih semoga sukses dalam ujian: 
·         Guru Merupakan suatu profesi artinya ………..
·         Sebutkan Persyaratan suatu profesi!
·         Komptensi ialah ……………..
·         Kompetensi Profesional ialah  ……………
·         Kompetensi Kepribadian ialah …………….
·         Kompetensi Paedagogik ...............
·         Kompetensi Sosial .................
2.       Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih)
3.       Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
4.       Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
5.       Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
6.       Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
7.       Mengapa jamur termacsuk heterotrof?
8.       Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
9.       Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
10.    Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
11.    Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
12.    Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!
13.    Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
14.    Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
15.    Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
16.    Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
17.    Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
18.    Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
19.    Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
20.    Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural!
21.    Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
22.    Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?
23.    Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language?
UJI KOMPETENSI GURU
JENJANG/TINGKAT : SEKOLAH DASAR ( SD )
Petunjuk :
1. Klik pada radio button di samping jawaban di setiap nomor soal.
2. Di akhir soal klik "Lihat Hasil" atau "Reset".


1. Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
3. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
5. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
6. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
7. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
8. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
9. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar