Senin, 08 Juni 2015

Literasi Kelas Awal (Membaca dan Menulis)



Perkembangan Literasi Kelas Awal (Membaca dan Menulis)

Tahap
Membaca
Menulis
Emergent

  • Memperhatikan lingkungan kelas yang kaya akan bahan cetakan.
  • Menunjukkan perhatian pada buku-buku.
  • Mencoba untuk membaca.
  • Menggunakan media gambar dan pola-pola yang dapat diprediksi dari buku untuk menceritakan kembali cerita.
  • Membaca ulang teks yang familiar dengan pola-pola yang dapat diprediksi.
  • Mengidentifikasi berbagai tulisan tentang nama-nama.
  • Mengenali 5-20 kata-kata yang familiar atau berfrekuensi tinggi.
  • Membedakan tulisan dengan gambar. 
  • Menulis huruf, seperti bentuk-bentuk tulisan cakar ayam.
  •  Mengembangkan pemahaman langsung. 
  • Menunjukkan perhatian pada tulisan.Menulis huruf pertama dan huruf akhir.
  •  Menulis 5-20 kata-kata yang familier atau sering muncul.Menggunakan kerangka kalimat untuk menulis kalimat.
Pemula

  • Mengidentifikasi nama-nama huruf dan bunyinya.
  • Memasangkan kata-kata yang diucapkan pada tulisan.
  • Menyamakan tulisan dengan bacaan.
  • Menggunakan permulaan, pertengahan, dan akhir dari bunyi bacaan (intonasi)
  • Memadukan pengetahuan dalam sistem bacaan yang benar.
  • Mengoreksi sendiri diantara bacaanMembaca dengan pelan tahap demi tahap
  •  Membaca ulang secara oral
  •  Menjelaskan inti bacaan
  • Menggunakan prediksi secara beralasan.
  • Menulis dari kiri ke kanan.
  • Dapat menulis sedikit atau banyak tulisan.
  • Menulis satu atau lebih kalimat.
  • Menambahkan judul.
  • Dapat mengeja banyak kata.
  • Menulis suku kata dari komposisi kalimat.
  • embiasakan penulisan huruf besar pada awal kalimat.Mengulang ucapan saat menulis.
  •  
Lancar
 

  • Dapat mengidentifikasi arti kata.
  • Membaca dengan ekspresi.
  • Membaca dengan jarak 100 kata per menit atau lebih.
  • Membaca dalam hati.
  • Mengidentifikasi kata-kata yang tidak familiar (asing).
  • Dapat menguatkan efektivitas variasi dalam bacaan
  • Dengan pengetahuan tekstur dapat mendukung pemahaman.
  • Menggunakan perbedaan pada saat membaca kata.
  • Membiasakan proses menulis sampai akhir
  • Menulis komposisi dengan lebih dari satu paragraf
  • Menambahkan infleksi pada akhir kalimat.
  • Mererapkan aturan penggunaan huruf besar
  • Dapat mengeja banyak kata
  • Menulis suku kata dari komposisi kalimat
  • Membiasakan penulisan huruf besar pada awal kalimat
  • Mengulang ucapan saat menulis


Rekomendasi Pembelajaran Literasi Kelas Awal

Membaca
Menulis
Tahap Emergent :
  • Memanfaatkan lingkungan yang kaya akan media cetak.
  • Menggunakan visual/gambar.
  • Membaca nyaring untuk siswa (membacakan).
  • Membaca cerita dari buku besar/bergambar.
  • Mendramatisasikan teks cerita dengan menggunakan bahasa.
  • Menggunakan alfabet secara rutin dalam pembelajaran.
  • Mengambil cerita anak dengan pendekatan pengalaman berbahasa.

Tahap Emergent :
  • enulis menggunakan krayon dan pensil.
  • Mempelajari teknik-teknik menulis (cara memegang pensil, jarak mata, dan posisi tubuh).
  • Menulis interaktif dalam kelompok besar dan kecil.
  • Menulis nama, tanggal setiap kegiatan pembelajaran.
  • Menulis kata-kata familiar yang ada di dalam kelas dalam bentuk daftar.
  • Menjaga ingatan apa yang ditulis untuk kemudian dapat dibaca kembali.
Tahap Pemula:
  • Membaca peta, cerita bergambar, atau lagu untuk memahaminya.
  •  Membaca leaflet.
  •  Membaca ulang buku yang sudah dibaca.
  •  Membawa buku untuk dibaca bersama orang tuanya.
  • Mempelajari 100 kata-kata yg sering muncul.
  • Menemukan teks cerita atau buku-buku informasi.
  • Belajar memprediksi, menghubungkan, kroscek dan strategi lainnya.
  • Membelajari elemen struktur cerita.
  • Siswa memiliki tulisan dalam membaca dan berpartisipasi dalam percakapan.
Tahap Pemula:
  • Menulis interaktif dalam konteks menulis bahasa tulisan.
  • Menghasilkan persiapan harian untuk menulis berbagai variasi tujuan dan menggunakan genre yang berbeda.
  • Mengembangkan proses menulis
  • Mengembangkan gagasan tunggal dalam karangannya.
  • Menyiapkan pra-menulis karangan.
  • Menuliskan 100 kata-kata yang sering muncul.
  • Menulis singkatan.
  • Menulis dengan memperhatikan huruf besar.

Tahap Lancar
  • Berpartisipasi dalam siklus sastra.
  • Berpartisipasi dalam bengkel membaca.
  • Mempelajari tentang genre dan fitur teks lainnya.
  • Melibatkan anak dalam menulis dan study genre.
  •  Memahami teks dan membedakan dengan teks lainnya.
  •  Menggunakan kecakapan siswa dalam strategi pemahaman.
  • Mengapreasiasi buku-buku melalui diskusi dan tulisan.
Tahap Lancar
  • Berpartisipasi dalam bengkel menulis.
  • Menggunakan proses menulis.
  • Merevisi dan mengedit tulisan.
  • Keterampilan memparagrafkan teknik pengucapan.
  • Menemukan sinonim, homonim, akar kata, afiks, menggunakan kamus, dan ensiklopedi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar