MENCIPTAKAN PERPUSTAKAAN KELAS - GURU SEJATI

Breaking

Blog untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan profesional pendidik.

BANNER 728X90

Senin, 25 Juni 2012

MENCIPTAKAN PERPUSTAKAAN KELAS


Penataan Perpustakaan (Sudut Baca)  di Kelas.
Banyak buku – buku di sekolah yang tersimpan rapat di almari kantor dan almari kelas. Alasan penyimpanan dalam almari adalah agar lebih lebih aman, tidak kotor dan tidak cepat rusak. Namun jika kita cermati, kondisi tersebut justru dapat menghambat pemanfaatan buku tersebut. Sebenarnya kita bisa memilih, rusak dimakan usia atau rusak dipakai siswa. Di bawah ini ada catatan – catatan tentang pengelolaan buku – buku pegangan dan bacaan di sekolah. Diharapkan dengan catatan tersebut dapat memberi masukan para guru dalam menata buku – buku di sekolah. Berikut beberapa uraian tentang penataan sudut baca atau perpustakaan kelas.
a.       Bagaimana cara membuat sudut baca di kelas ?
  •  Menyediakan tempat
  • Rak, meja
  • Ada tempat baca
  • Menyediakan buku – buku fiksi dan non fiksi
  • Mengelompokkan buku sesuai jenisnya fiksi dan non fiksi
  •  Ada pengurus dan kartu pinjam
  • Membuat katalog
b.      Ada berbagai cara memajang buku
  • Rak buku disediakan
  • Almari/etalase
  • Almari khusus perpust
  • Di atas meja
  • Kotak file
  • Rak dinding
  • Digantung pada langit2 kelas
  • Dikelompokkan sesuai mapel
c.       Bagaimana cara mendapat tambahan buku
  •  Minta bantuan pada alumni
  •  Minta bantauan pada penerbit
  • Anak disuruh membawa buku / majalah, kliping
  • Membeli
  • Bisa ambil LKS lama digunakan lagi
  • Hasil kerja anak dalam bentuk kliping
d.      Baimana anak menggunakan buku ?
  •  Jam istirahat
  • Jam kosong
  • Saat pembelajaran
  • Dibawa pulang siswa. Pakai prosedur pinjam.
  • Digilir sesuai jadwal
e.       Kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca di perpustakaan.
  • Di beri waktu untuk membaca
  • Judul buku tampak
  • Membuat sinopsis
  • Lomba sinopsis
  • Memberi tugas untuk mencatat sumbernya dari perpustakaan
  • Lomba bercerita
  • Membuat rangkuman/ringkasan
  • Seminggu sekali dialokasikan satu jam untuk kegiatan membaca.
  • Piket bersama di perpustakaan.
f.        Bagaimana cara anak-anak merawat buku di perpustakaan?
  •  Guru atau guru dan siswa perlu membuat aturan penggunaan bukunya.
  • Cuci tangan sebelum memegangnya
  • Jangan menulis apa pun di buku
  • Jangan melipat atau merobek halamannya

Catatan: sebaiknya penataan diserahkan siswa guru membimbing saja

2 komentar: