A. Lingkungan
sebagai sumber belajar
Amati di lingkungan kelas, sekolah
atau luar sekolah dan identifikasi berbagai objek/benda yang dapat dimanfaatkan
sebagai sumber belajar.
Mari kita diskusikan
Nama Objek/benda
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dimana ada sumber belajar yang murah ?
Salah satu
ciri pembelajaran kontekstual adalah pemanfaatan sumber belajar (termasuk
media) yang sesuai dengan pengalaman hidup peserta didik. Hal ini tidak hanya
membangkitkan minat dan keaktifan siswa dalam proses belajar akan tetapi juga
meningkatkan efektivitas pembelajaran karena objek yang mereka pelajari sesuai
dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan bersentuhan langsung dengan
lingkungan hidup keseharian mereka.
Oleh karena
itu, setiap guru/fasilitator diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan mereka di dalam memilih, mengelompokkan, dan memanfaatkan berbagai
objek yang terdapat di lingkungan kelas, sekolah atau di luar sekolah sebagai
sumber belajar anak sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Lebih lanjut,
guru diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk memanfaatkan lingkungan
hidup mereka sebagai salah satu sumber belajar yang efektif.
Pada umumnya sumber belajar saat ini
terbatas pada guru dan buku paket. Padahal banyak sumber belajar lainya baik di
dalam maupun di luar kelas yang dapat dimanfaatkan, antara lain : benda nyata, peristiwa,
lingkungan alam dan sosial. Berikut beberapa contoh berbagai lingkungan yang
dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
Sumber
Belajar
|
Mata
Pelajaran
|
Kegiatan
|
Peristiwa Peringatan Hari
Kemerdekaan 17 Agustus 1945
|
Matematika.
Bahasa Indonesia
IPS
|
Perhitungan waktu
Menceritakan peristiwa bersejarah.
Membuat garis waktu.
|
Pohon Pisang
|
Matematika
|
Menghitung luas daun dengan
menggunakan kertas berpetak
|
|
Bahasa Indonesia
|
Mengamati dan mendeskripsikan
pohon mangga dsb
|
Pedagang (Nara Sumber)
|
Bahasa Indonesia
PS
|
Menyusun daftar pertanyaan,
melakukan dan melaporkan hasil wawancara
Wawa ncara dan pelaporan tentang
pekerjaan
|
Sepeda
|
Matematika
IPA
Bhs Indonesia dan PS
|
Bangun datar dan bangun ruang
Teknologi dan pengunaan roda gigi
Tema transportasi
|
Pikirkan kegiatan yang cocok berrdasarkan pengelompokkan siswa
Peserta mendiskusikan dalam kelompok
jenis-jenis pengelolaan siswa, manfaat dan
kegiatan yang cocok dikerjakan dalam bentuk klasikal, kelompok, berpasangan, dan
individual.
Jenis
Pengelolaan
|
Contoh kegiatan yang sesuai
|
Klasikal
|
|
Kelompok
|
|
Berpasangan
|
|
Perorangan
|
|
Pengelompokkan siswa harus ada manfaaynya.
Saat ini sebagian besar ruang kelas
teratur secara klasikal. Anak duduk berbaris dan kegiatannya lebih banyak
mendengarkan guru. Dalam pembelajaran aktif pengelolaan kegiatan siswa
diharapkan lebih bervariasi, termasuk kerja kelompok, kerja berpasangan, kerja
individual atau klasikal. Inti dari pengelolaan kegiatan siswa adalah :
a.
Bagaimana para siswa di kelas dapat berinteraksi
dengan mudah.
b.
Hubungan siswa dengan guru sangat akrab.
c.
Memupuk kerjasama siswa
d.
Menanamkan sikap saling menghargai sesama
teman
e.
Sesuai karakteristik kegiatan pembelajarannya
Dan masih banyak lagi manfaat yang
bisa kita ambil dari pengelolaan kegiatan siswa.
Contoh Pengelolaan
Kegiatan Siswa
Jenis Pengelolaan
|
Jenis
Kegiatan
|
Klasikal
|
Apersepsi pembelajaran, pemberian tugas
Melakukan diskusi kelas
Menjelaskan tugas
Melaporkan hasil kerja
Manarik kesimpulan pada akhir pembelajaran
………………………………..
|
Kelompok
|
Diskusi dan pemecahan masalah
Melakukan percobaan
Mengamati sesuatu, mendiskusikan, dan mencatat hasil pengamatan
Mengumpulkan, mendiskusikan, dan mengelola data/benda
Membuat model
Hal – hal yang penting dalam kerja kelompok
Merangsang munculnya ide/gagasan
Melatih berdiskusi
Melatih keberanian
Memecahkan masalah bersama teman.
..................................................................
|
Berpasangan
|
Percakapan/ Dialog
Percobaan
Bermain peran
.....................
|
Perorangan
|
Menulis laporan
Mengerjakan soal latihan
Baca dalam hati
Menyelesaikan tugas
……………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar