PENGEMBANGAN DIRI
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN DASAR
2011
PENGEMBANGAN DIRI
1. Pendidikan
dan Latihan
(Diklat) Fungsional
Diklat fungsional bagi guru
adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan
untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan dalam kurun waktu
tertentu. Macam kegiatan dapat berupa kursus, pelatihan, penataran, maupun
berbagai bentuk diklat yang lain. Guru dapat mengikuti kegiatan diklat
fungsional, atas dasar penugasan baik oleh kepala sekolah/madrasah atau
institusi yang lain, maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan.
Besaran angka kredit untuk kegiatan
mengikuti diklat fungsional adalah sebagai berikut:
No
|
Lama pelaksanaan
diklat (dalam satuan jam efektif pelaksanaan diklat)
|
Angka Kredit
|
1
|
Lebih
dari 960 jam
|
15
|
2
|
Antara
641 s/d 960
|
9
|
3
|
Antara
481 s/d 640
|
6
|
4
|
Antara
181 s/d 480
|
3
|
5
|
Antara
81 s/d 180
|
2
|
6
|
Antara
30 s/d 80
|
1
|
2. Kegiatan
Kolektif Guru
Kegiatan
kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah
atau mengikuti kegiatan bersama yang dilakukan guru yang bertujuan untuk
meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan. Guru dapat mengikuti kegiatan kolektif guru atas dasar
penugasan baik oleh kepala sekolah/madrasah atau institusi yang lain, maupun
atas kehendak sendiri guru bersangkutan. Macam kegiatan tersebut
dapat berupa:
a) Mengikuti lokakarya atau kegiatan
kelompok kerja guru (KKG)/musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) atau inhouse
training untuk penyusunan perangkat kurikulum dan/atau kegiatan
pembelajaran termasuk pembelajaran berbasis TIK, penilaian, pengembangan media
pembelajaran, dan/atau kegiatan lainnya untuk kegiatan pengembangan keprofesian
guru.
b) Mengikuti, baik sebagai pembahas
maupun sebagai peserta, pada seminar, koloqium, diskusi panel, atau bentuk
pertemuan ilmiah lainnya.
c)
Mengikuti
kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru terkait
dengan pengembangan keprofesiannya.
Besaran
angka kredit untuk kegiatan mengikuti kegiatan kolektif guru adalah sebagai
berikut:
No.
|
Macam Kegiatan
Kolektif yang Diikuti Guru
|
Angka Kredit
|
1
|
Lokakarya
atau kegiatan bersama (seperti kelompok/ musyawarah kerja guru) untuk
penyusunan perangkat kurikulum dan atau pembelajaran
|
0,15
|
2
|
Kegiatan
ilmiah, seperti seminar, koloqium, diskusi panel atau bentuk pertemuan ilmiah
yang lain:
•
Sebagai pembahas atau pemakalah
•
Sebagai peserta
|
0,20
0,10
|
3
|
Kegiatan
kolektif lainnya yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru
|
0,10
|
Untuk keperluan pemberian
angka kredit, guru yang bersangkutan diminta membuat laporan pengembangan diri yang
pernah diikuti. Laporan tersebut untuk satu atau beberapa kegiatan yang
diikuti, diketik dan dijilid serta disajikan dengan kerangka isi sebagai
berikut
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
LEMBAR SAMPUL
LEMBAR
IDENTITAS
LEMBAR
PENGESAHAN
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI
A.
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
2. Tujuan
Umum
B.
PENGEMBANGAN
DIRI (1)
1. Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
2. Jenis
Kegiatan
3. Tujuan
PD
4. Uraian
Materi PD
5. Tindak
Lanjut
6. Dampak
PD
C. PENGEMBANGAN
DIRI (2 dst)
1. Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
2. Jenis Kegiatan
3. Tujuan PD
4. Uraian Materi PD
5. Tindak Lanjut
6. Dampak PD
D.
PENUTUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
·
Format Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan
Diri
·
Foto Copy Sertifikat/Surat Keterangan
·
Foto
Copy Surat Penugasan Kepala Sekolah/Madrasah (Bila penugasan bukan dari kepala
sekolah/madrasah (misalnya dari institusi lain atau kehendak sendiri), harus
disertai dengan surat persetujuan mengikuti kegiatan dari kepala sekolah/
madrasah)
·
Makalah
(materi) yang disajikan dalam kegiatan pertemuan, bila yang bersangkutan
sebagai peserta maupun pembahas dalam kegiatan kolektif guru
Lembar Sampul
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
NAMA GURU
NIP
ASAL UNIT KERJA
UNIT KERJA
ALAMAT
UNIT KERJA
TAHUN
PEMBUATAN LAPORAN
Lembar
Identitas
IDENTITAS GURU
1.
|
Nama
Sekolah
|
:
|
|
2.
|
Nama Guru
|
:
|
|
3.
|
NIP
|
:
|
|
4.
|
Jabatan/Golongan Guru
|
:
|
|
5.
|
Alamat Sekolah
|
:
:
:
:
|
|
6.
|
Mengajar
Mata Pelajaran
|
:
|
|
7.
|
SK Pengangkatan
|
||
|
a.
Sebagai CPNS
b.
Pangkat Terakhir
|
:
:
:
:
:
:
|
|
8.
|
Alamat
Rumah
|
:
:
:
:
|
|
Lembar Pengesahan
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
Oleh:
NAMA GURU
NIP
......, .......................
20...
Kepala Sekolah, Koordinator PKB,
NAMA NAMA
NIP NIP
BAGIAN
PENDAHULUAN
·
Latar
Belakang: latar belakang guru melakukan pengembangan diri
·
Tujuan: tujuan guru melakukan pengembangan diri
BAGIAN ISI
·
Uraian rinci dari waktu dan lama pelaksanaan, penyelenggara
kegiatan, nama kegiatan, dan tujuan
pengembangan diri yang diikuti
·
Penjelasan isi materi yang disajikan dalam pengembangan diri serta uraian
kesesuaian dengan peningkatan keprofesian guru yang bersangkutan
·
Tindak
lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta pengembangan
diri berdasarkan hasil mengikuti/melaksanakan pengembangan diri tersebut
·
Dampak terhadap
peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu KBM dan siswanya
Format Rekapitulasi Kegiatan
Pengembangan Diri
REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DIRI
No
|
Nama Kegiatan
|
Materi PD/ Kompetensi
|
Peran Guru
|
Waktu/ Jam PD
|
Nama Fasilitator
|
Tempat Kegiatan
|
Institusi Penyelenggara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar