SUMBER BELAJAR YANG MURAH - GURU SEJATI

Breaking

Blog untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan profesional pendidik.

BANNER 728X90

Senin, 25 Juni 2012

SUMBER BELAJAR YANG MURAH


A. Lingkungan sebagai sumber belajar

Amati di lingkungan kelas, sekolah atau luar sekolah dan identifikasi berbagai objek/benda yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.

Mari kita diskusikan
Nama Objek/benda
Mata Pelajaran
 Kompetensi 
Kegiatan Pembelajaran





































Dimana ada sumber belajar yang murah ?

Salah satu ciri pembelajaran kontekstual adalah pemanfaatan sumber belajar (termasuk media) yang sesuai dengan pengalaman hidup peserta didik. Hal ini tidak hanya membangkitkan minat dan keaktifan siswa dalam proses belajar akan tetapi juga meningkatkan efektivitas pembelajaran karena objek yang mereka pelajari sesuai dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan bersentuhan langsung dengan lingkungan hidup keseharian mereka.

Oleh karena itu, setiap guru/fasilitator diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di dalam memilih, mengelompokkan, dan memanfaatkan berbagai objek yang terdapat di lingkungan kelas, sekolah atau di luar sekolah sebagai sumber belajar anak sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Lebih lanjut, guru diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk memanfaatkan lingkungan hidup mereka sebagai salah satu sumber belajar yang efektif.  

Pada umumnya sumber belajar saat ini terbatas pada guru dan buku paket. Padahal banyak sumber belajar lainya baik di dalam maupun di luar kelas yang dapat dimanfaatkan, antara lain : benda nyata, peristiwa, lingkungan alam dan sosial. Berikut beberapa contoh berbagai lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.

Sumber Belajar
Mata Pelajaran
Kegiatan
Peristiwa Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Matematika.
Bahasa Indonesia
IPS
Perhitungan waktu
Menceritakan peristiwa bersejarah.
Membuat garis waktu.
Pohon Pisang
Matematika
Menghitung luas daun dengan menggunakan kertas berpetak

Bahasa Indonesia
Mengamati dan mendeskripsikan pohon mangga dsb
Pedagang (Nara Sumber)

Bahasa Indonesia

PS
Menyusun daftar pertanyaan, melakukan dan melaporkan hasil wawancara
Wawa ncara dan pelaporan tentang pekerjaan
Sepeda


Matematika
IPA
Bhs Indonesia dan PS
Bangun datar dan bangun ruang
Teknologi dan pengunaan roda gigi
Tema transportasi
Pikirkan kegiatan yang cocok berrdasarkan pengelompokkan siswa
Peserta mendiskusikan dalam kelompok jenis-jenis pengelolaan siswa, manfaat dan  kegiatan yang cocok dikerjakan dalam bentuk  klasikal, kelompok, berpasangan, dan individual.

Jenis Pengelolaan
Contoh kegiatan yang sesuai
Klasikal



Kelompok



Berpasangan




Perorangan



Pengelompokkan siswa harus ada manfaaynya.

Saat ini sebagian besar ruang kelas teratur secara klasikal. Anak duduk berbaris dan kegiatannya lebih banyak mendengarkan guru. Dalam pembelajaran aktif pengelolaan kegiatan siswa diharapkan lebih bervariasi, termasuk kerja kelompok, kerja berpasangan, kerja individual atau klasikal. Inti dari pengelolaan  kegiatan siswa adalah :
a.    Bagaimana para siswa di kelas dapat berinteraksi dengan mudah.
b.    Hubungan siswa dengan guru sangat akrab.
c.    Memupuk kerjasama siswa
d.    Menanamkan sikap saling menghargai sesama teman
e.    Sesuai karakteristik kegiatan pembelajarannya
Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita ambil dari pengelolaan kegiatan siswa. 

Contoh Pengelolaan Kegiatan Siswa

Jenis Pengelolaan
Jenis Kegiatan
Klasikal




Apersepsi pembelajaran, pemberian tugas
Melakukan diskusi kelas
Menjelaskan tugas
Melaporkan hasil kerja                   
Manarik kesimpulan pada akhir pembelajaran
………………………………..
Kelompok





Diskusi dan pemecahan masalah
Melakukan percobaan
Mengamati sesuatu, mendiskusikan, dan mencatat hasil pengamatan
Mengumpulkan, mendiskusikan, dan mengelola data/benda
Membuat model
Hal – hal yang penting dalam kerja kelompok
Merangsang munculnya ide/gagasan
Melatih berdiskusi
Melatih keberanian
Memecahkan masalah bersama teman.
..................................................................
Berpasangan
Percakapan/ Dialog
Percobaan
Bermain peran
.....................
Perorangan



Menulis laporan
Mengerjakan soal latihan
Baca dalam hati
Menyelesaikan tugas
……………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar